Yuk Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi mu

Yuk Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi mu
November 20, 2020 0 Comments

Kesehatan mulut dan gigi seharusnya dijaga, karena keduanya memegang pernanan yang penting bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Jika kesehana mulut dan gigi tak dijaga, ada risiko terkena penyakit maupun masalah kesehatan lainnya yang akan meningkat.

Mulut dan gigi merupakan bagian awal tubuh yang menerima makanan, cairan, dan juga salah satu organ yang terlibat dalam proses pencernaah.

Saat seseorang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, sebelum ditelan masih ada zat yang mengendap di dalam mulut.

Zat yang mengendap itu bisa saja mengandung bakteri dan kotoran di dalamnya. Jika bakteri dan kotoran tersebut dibiarkan mengendap, bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit maupun kondisi medis tertentu.

Selain itu, gigi yang berfungsi untuk mengunyah makanan juga dapat menjadi sarang kotoran yang pada akhirnya menjadi plak atau karies.

Jika plak tersebut dibiarkan, kotoran lama kelamaan akan mengikis bagian email pada gigi. konsumsi minuman atau cairan asam yang berlebihan juga bisa merusak email gigi dan mengikisnya.

Hal inilah yang membuat gigi seseorang berlubang atau keropos. Lalu, bagaimana cara menjaga dan merawat mulut serta gigi kita?

Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Yuk Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi mu

Gigi yang terlanjur rusak dan mulut yang kotor bisa menyebabkan banyak penyakit dan gangguan kesehatan.

Hal ini disebabkan oleh mudahnya penyebaran kotoran, bakteri, hingga parasite yang bisa menyerang mulut dan gigi.

1.Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras dan Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras dan Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menyikat gigi bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menyangkut pada gigi. jika hal ini dilakukan terlalu keras, gesekan sikat gigi akan mengikis enamel gigi yang tipis.

Selain itu, gesekan juga bisa merobek gusi. Menyikat gigi perlu dilakukan dengan hati-hati dan lembut hingga ke sela-sela gigi.

Jika dilakukan dengan tidak benar, alih-alih tampak bersih, plak gigi malah akan bertambah dan menyebabkan peradangan pada gusi.

Berkaitan dengan hal itu, menyikat gigi sebaiknya dilakukan secara lembut dengan gerakan memutar selama dua menit.

Sikat gigi juga sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu setelah bangun pagi dan sebelum tidur malam.

Gunanya untuk menghilangkan kuman dan sisa-sisa makanan yang menumpuk sepanjang hari. Bukan hanya gigi, kamu juga dianjurkan untuk menyikat lidah guna menghilangkan kuman serta sisa sisa makanan yang menempel pada lidah.

2.Gunakan Pasta Gigi Dengan Kandungan Fluoride

Gunakan Pasta Gigi Dengan Kandungan Fluoride

Fluoride sendiri merupakan unsur alami yang terdapat pada air minum dan makanan yang dikonsumsi.

Zat ini kemudian diserap tubuh guna menguatkan enamel gigi. Tak hanya itu, zat ini merupakan pertahanan utama terhadap kerusakan gigi yang bekerja dengan memerangi kuman penyebab kerusakan gigi dengan perlindungan alaminya.

3.Berhenti Merokok dan Banyak Minum Air Putih

Berhenti Merokok dan Banyak Minum Air Putih

Bukan hanya jantung dan paru-paru yang terkenal dampak negative dari merokok. Merokok juga bisa meningkatkan risiko berkembangnya penyakit pada gusi karena menghambat aliran darah menuju gusi.

Hal ini bisa membuat gusi kekurangan nutrisi dan oksigen sehingga rentan mengalami infeksi. Bukan hanya itu, merokok juga bisa merusak lapisan enamel dan jaringan gigi.

Sebaliknya, dengan banyak mengonsumsi air putih, sisa-sisa makanan pada mulut dan sela-sela gigi bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Bukan hanya itu, air putih juga bisa membantu melarutkan asam yang dihasilkan oleh bakteri dari makanan dan minuman manis yang kalian konsumsi.

Itulah 3 tips untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *