Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita
November 17, 2020 0 Comments

Menjaga kesehatan reproduksi merupakan salah satu hal penting yang harus diketahui oleh setiap wanita. Apalagi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan.

Karena, gangguan pada sistem reproduksi bisa berakibat fatal, salah satunya bisa memicu gangguan seksual hingga sulit untuk hamil.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan agar kesehatan organ intim dan sistem reproduksi wanita selalu terjaga? Di bawah ini kami akan memberikan tips-tips yang kalian butuhkan.

5 Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi

Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Sebenarnya, menjaga kesehatan organ reproduksi wanita merupakan hal yang susah-susah gampang dilakukan.

Namun, ada beberapa kebiasaan yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti mengonsumsi makanan tertentu, menjaga kebersihan, serta menghindari aktivitas seksual yang berisiko.

Hal-hal kecil seperti ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk mencegah gangguan pada sistem reproduksi wanita.

1.Mengenal Organ Reproduksi Sendiri

Mengenal Organ Reproduksi Sendiri

Untuk bisa merawat dan menjaga organ reproduksi wanita, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal bagian-bagiannya.

Organ reproduksi wanita terdiri atas Vagina atau miss V, Klitoris, Mulut Rahim, Serviks, Rahim, tuba falopi, serta ovarium atau indung telur.

Sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan organ-organ tersebut. Organ reproduksi wanita memiliki peranan penting, mulai dari hubungan seksual, produksi dan perkembangan sel telur, kehamilan, menstruasi, hingga proses persalinan.

2.Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan

Menjaga kebersihan reproduksi bisa mencegah terjadinya gangguan. Pastikan kalian selalu membersihkan vagina, terutama setelah buang air.

Cara menbersihkan vagina yang benar adalah dengan membasuhnya dengan air dari depan ke belakang.

Cara membersihkan vagina yang tidak tepat bisa menyebabkan kuman masuk ke area tersebut dan menimbulkan infeksi.

3.Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang juga bisa membantu menjaga kesehatan organ reproduksi.

Wanita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein, lemak sehat, serat, antioksidan, mineral, dan vitamin.

Selain itu, mengonsumsi makanan dengan minyak zaitun juga bisa menghindari risiko terjadinya PCOS, yaitu gangguan yang bisa menyebabkan seorang wanita sulit hamil.

Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormone yang bisa menyerang wnaita di usia subur.

Selain minyak zaitun, disarankan juga untuk mengonsumsi makanan lain seperti tomat dan ikan-ikan seperti tuna atau makarel.

4.Hindari Rokok, Alkohol, dan Seks Berisiko

Hindari Rokok, Alkohol, dan Seks Berisiko

Salah satu kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan reproduksi adalah merokok. Karena, zat-za yang ada pada rokok bisa mengurangi jumlah dan kualitas sel telur. Selain itu, merokok juga bisa mengganggu kesehatan Rahim.

Selain rokok, minuman beralkohol juga bisa mempengaruhi kesehatan organ reproduksi wanita. Kandungan alcohol bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan ovulasi.

Kesehatan sistem reproduksi juga bisa terganggu akibat perilaku seksual yang berisiko. Kebiasaan bergonta ganti pasangan dan melakukan hubungan intim tanpa menggunakan pengaman juga harus dihindari.

Selain bisa memicu gangguan pada sistem reproduksi wanita, hal ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit menular seksual.

5.Istirahat Cukup dan Kelola Stress

Istirahat Cukup dan Kelola Stress

Istirahat yang cukup serta kelola stress juga wajib dilakukan. Wanita dewasa disaranka untuk tidur setidaknya 7 – 9 jam setiap harinya.

Itulah 5 tips yang bisa kalian terapkan sehari-hari untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Tentu saja organ ini merupakan salah satu organ yang sangat rentan terkena penyakit karena berada di bagian dalam.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan ilmu bagi kalian para wanita yang ingin lebih menjaga kebersihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *