Pencegahan Penyakit Ginjal Yang Harus Kalian Ketahui

Pencegahan Penyakit Ginjal Yang Harus Kalian Ketahui

Tekanan darah tinggi, diabetes atau riwayat keluarga gagal ginjal menempatkan satu dari tiga orang Amerika pada peningkatan risiko penyakit ginjal. Tetapi bahkan jika Anda tidak memiliki salah satu dari kategori risiko tersebut, penting untuk menjaga organ-organ yang sangat penting ini. Penyakit ginjal merupakan masalah pencegahan kesehatan masyarakat yang utama. Penyakit ginjal sering tidak terdeteksi hingga sangat parah. Sayangnya, ini adalah saat seseorang membutuhkan cuci darah atau transplantasi. Kuncinya pencegahan adalah menemukan penyakit ginjal sebelum masalah dimulai. Pengujian rutin untuk semua orang adalah penting, tetapi sangat penting bagi orang-orang yang berisiko.

Pencegahan Penyakit Ginjal Yang Harus Kalian Ketahui

Pantau Diabetes, Tekanan Darah, Dan Kadar Kolesterol

Di Amerika Serikat, diabetes dan tekanan darah tinggi adalah penyebab utama gagal ginjal. Orang dengan kolesterol tinggi dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan CKD. Jika Anda kelebihan berat badan dan dapat menurunkan berat badan melalui perubahan pola makan dan tingkat aktivitas Anda, Peev mengatakan Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko CKD.

Batasi Asupan Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat membahayakan banyak bagian tubuh, termasuk ginjal. Minum berlebihan secara teratur mempengaruhi ginjal dan fungsinya dan menggandakan risiko penyakit ginjal. Mengkonsumsi lebih dari tiga minuman sehari untuk wanita dan lebih dari empat minuman sehari untuk pria dianggap sebagai minuman berat, menurut yayasan tersebut.

Jaga Pola Makan Dan Berat Badan Yang Sehat

Penelitian menunjukkan bahwa diet ramah ginjal dan olahraga teratur, dapat membantu melindungi judi slot ginjal Anda dari faktor risiko yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Selain itu, melakukan olahraga 30 menit setiap hari, seperti jalan kaki, jogging, dan bersepeda, di antara aktivitas lainnya, serta minum banyak air, juga dapat menjaga kesehatan ginjal Anda.

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Obat Bebas

Obat anti-inflamasi nonsteroid (NSAID) adalah kelompok khusus penghilang rasa sakit yang dijual bebas yang mencakup ibuprofen dan aspirin, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko gagal ginjal mendadak dan kerusakan ginjal progresif. Membatasi penggunaan obat bebas ini tidak lebih dari 10 hari untuk menghilangkan rasa sakit atau lebih dari tiga hari untuk mengurangi demam. Jika rasa sakit atau demam Anda berlangsung lebih lama, konsultasikan dengan dokter.

Berhenti Merokok

Merokok tembakau memperlambat aliran darah ke organ penting, seperti ginjal, dan dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Merokok juga dapat membuat obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi menjadi kurang efektif, dan jika tidak dikontrol dengan baik, dapat menyebabkan penyakit ginjal. Orang yang menjalani program berhenti merokok mengalami penurunan fungsi ginjal yang lebih sedikit dibandingkan dengan sekelompok peserta perokok aktif.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.